profil hukum

http://fh.unas.ac.id/index.php/profile

Profile Fakultas Hukum Universitas Nasional

Fakultas Hukum UNAS sejak didirikannya 1985 memiliki komitmen tinggi terhadap penegakan supremasi hukum dan keadilan di Indonesia. FH UNAS sempat dipimpin “Pendekar Hukum”, Prof. Baharuddin Lopa serta cendikiawan muslim, Dahlan Ranuwiharjo, SH. Kini, dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, FH UNAS membuka peluang penguasaan ilmu hukum dalam 5 program konsentrasi:

HUKUM KEPERDATAAN
Membekali pemahaman ilmu hukum dalam hal perikatan Islam, hukum kekeluargaan dan kewarisan perdata, adat dan Islam serta perbandingan hukum perdata.

HUKUM EKONOMI
Membekali pemahaman dalam hal hukum transportasi, transaksi bisnis internasional, hukum jaminan, investasi dan pasar modal, hukum persaingan usaha dan perlindungan konsumen serta kemampuan akuntansi untuk ahli hukum.

HUKUM TATA NEGARA (hubungan negara
dan masyarakat)
Membekali pemahaman ilmu hukum mengenai pemilu dan lembaga perwakilan rakyat, kepartaian dan ormas, hukum administrasi daerah, hukum tentang kesehatan dan keselamatan kerja, hukum pajak dan hukum tentang penataan ruang.

PRAKTISI HUKUM
Membekali pemahaman ilmu hukum dalam lingkup hukum pidana militer, kejahatan korporasi, kriminologi, transaksi bisnis internasional, arbitrase dan penyelesaian sengketa, juga akuntansi untuk ilmu hukum.

HUKUM INTERNASIONAL
Membekali pemahaman hukum tentang transaksi bisnis internasional, perjanjian internasional, hukum organisasi internasional, hukum udara dan angkasa, hukum perdata internasional serta hukum humaniter.



Prospek Karir

Hakim, Jaksa, Pengacara, Panitera, Notaris, Penasehat Hukum, Analis Hukum Ekonomi-Perbankan, Manajemen Personalia, Pejabat Pembuat Akta Tanah, Peneliti, Jurnalis, Staf Pengajar hingga Politisi

Prospek Program Studi

Momentum reformasi politik tahun 1998 yang menandai kemajuan demokratisasi di Indonesia menuntut penegakan supremasi hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian halnya dalam kehidupan masyarakat modern, permasalahan yang semakin kompleks membutuhkan kepastian hukum yang mampu menunjang tegaknya keadilan dan keteraturan dalam masyarakat. Hukum selanjutnya menjadi disiplin ilmu yang lebih menarik dipelajari untuk terus menghasilkan rumusan solusi hukum yang mengantisipasi perkembangan masalah dari masa ke masa.

Fakultas Hukum (FH) UNAS yang dikembangkan sejak tahun 1985, terus mencetak Sarjana Hukum yang mampu memberi solusi hukum bagi berbagai permasalahan dalam masyarakat. FH UNAS yang sempat dipimpin oleh ”Pendekar Hukum”, alm. Prof. Dr. Baharudin Lopa dan cendikiawn terkemuka, alm. Dahlan Ranuwihardjo, SH, turut menanamkan landasan moral untuk senantiasa mengedepankan kebenaran dan keadilan dalam penegakan hukum di berbagai bidang kehidupan.

Sejalan dengan perkembangan masyarakat yang semakin sadar hukum, kebutuhan akan sarjana hukum pun semakin meningkat, baik sebagai praktisi hukum, analsis, maupun pengembang ilmu pengetahuan. Kesempatan untuk menekuni ilmu hukum di Fakultas Hukum UNAS terbuka bagi alumni SLTA dari semua jurusan.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memenuhi permintaan pasar serta dalam rangka penerapan ISO 9001 : 2000, maka beberapa mata kuliah terpilih dalam pelaksanaannya proses belajar mengajar digunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
Status

Program Studi S1 Ilmu Hukum Universitas Nasional telah Terakreditasi A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 016/BAN-PT/Ak-X/S1/X/2006



Gelar Akademik

Bagi Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya dianugrahi gelar SH (Sarjana Hukum).


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:



Posting Komentar