TANYA JAWAB TENTANG POLTEK

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100409070511AAVn2xU

kul jurusan politeknik belajar apa aja?
susah ga??
prospek kerja nya apa aja?
pelajaran yg mesti di kuasai apa?
politeknik ada bagian2 nya ya?/////////
jurusan IPS bisa masuk ga?

JAWABAN 1
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
politeknik, seperti namanya, belajar ilmu teknik. Susah atau ga tu tergantung orangnya, sifatnya subjektif. Tinggal bagaimana menjalankannya, serius atau ga.

Prospek kerjanya sangat luas, apalagi jika menjadi wirausahawan, prospek kerjanya sangat menarik dengan penghasilan yang sangat lumayan.

Pelajaran yang mesti dikuasai tergantung teknik apa yang akan diambil. Jika teknik sipil, maka yang perlu dikuasai adalah fisika dan matematika dengan sedikit kimia. Teknik elektro, teknik pertanian, dan teknik mesin juga sama. Kalau teknik kimia, ilmu kimia dan fisikanya harus lebih banyak dari pada matematikanya. Teknik informatika lebih unik lagi, lebih banyak ke matematika dan ilmu komputer, tapi matematikanya lebih berat dibandingkan teknik kimia dan elektro.

Sebenarnya ada banyak banget ilmu teknik yang bisa dipelajari di Indonesia.

Mengenai kemungkinan siswa IPS masuk ke politeknik, itu tergantung kebijakan masing-masing perguruan tinggi, tapi sebagian besar teknik informatika di Indonesia menerima siswa dari IPA dan IPS.


JAWABAN 2
Saya lulusan salah satu politeknik negeri di Indonesia...

pada dasarnya POLITEKNIK sekalipun memuat kata TEKNIK, bukan berarti di dalamnya berisi jurusan keteknikan melulu. Sebetulnya politeknik adalah perpanjangan dari sistem pendidikan vokasi atau SMK untuk tingkat menengahnya.

POLITEKNIK dirancang untuk menghasilkan para lulusan yang siap bekerja di 'lapangan'. Oleh karena itu, hampir 60% dari sistem pendidikan adalah praktikum. Lapangan pekerjaan D3 berada di antara lulusan SMK dan S1.
Menurut pengamatan saya, siswa SMK lebih banyak direkrut daripada D3, tapi lulusan D3 lebih banyak direkrut daripada S1.
Pertimbangannya : kemampuan lebih bagus dari SMK namun masih bersaing dengan S1 tapi bayarannya memang tidak sebesar S1. (tenang aja, sudah ada standar kok.....). Di tempat saya bekerja ada perbandingan saat rekrutmen terakhir, 10 SMK : 5 D3 : 1 S1.....

Jurusan di politeknik secara umum ada 2, rekayasa (engineering/teknik) dan non-rekayasa (niaga)

untuk rekayasa, diusahakan berasal dari SMK atau setidaknya IPA walaupun sebetulnya anak IPS pun bisa, namun ilmu2 di sini cukup spesifik dan agak 'berat' jika tidak memiliki dasar matematika dan fisika. contoh jurusan : TEKNIK KIMIA, MESIN, LISTRIK, SIPIL, dll

untuk non-rekayasa, ini untuk yang berasal dari SMK ekonomi atau IPS karena nantinya akan belajar tentang jurusan yang menunjang dunia industri. seperti tata niaga, administrasi perkantoran dll... contoh jurusan : ADMINISTRASI NIAGA, KEUANGAN PERBANKAN, AKUNTANSI dan lain-lain

REKOMENDASI:
POLITEKNIK MANUFAKTUR
POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
POLITEKNIK NEGERI JAKARTA
POLITEKNIK NEGERI (mana aja deh,,,, biasanya yang negeri sistemnya udah dipengaruhi kampus2 ternama di kota masing-masing. misal Bandung oleh ITB dan Jakarta oleh UI)


Prospek kerja lulusan politeknik negeri jurusan PEAMASARAN apa yah?
Kamu nanti bisa bekerja sebagai marketing atau bekerja di divisi pemasaran perusahaan.. Biasanya mahasiswa politeknik (D3) memang disiapkan untuk langsung bekerja, dibandingkan universitas (S1).. kalo kamu ambil poltek, setelah lulus kamu bisa kerja sambil meneruskan kuliah S1..


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

10 komentar:



Unknown mengatakan...

Om ane mau minta pendapat dan saran, ane kan lulusan smk elektronika rencana mau lanjut pendidikan d3 tp bingung mau ambil prodi apa? pilihan saya sih ada 2 Teknik Elektronika di PENS atau Teknik Kelistikan Perkapalan di PPNS kira2 prospek kerja dari kedua prodi tersebut gimana? atau adahkah saran prodi lain dengan prospek kerja menjajikan

Unknown mengatakan...

Saya anak ipa ,mau ambil kuliah akuntansi sama administrasi bisnis di politeknik,bisa ngak kak??

Unknown mengatakan...

Saya anak ipa ,mau ambil kuliah akuntansi sama administrasi bisnis di politeknik,bisa ngak kak??

Nasya Amarani mengatakan...

Kalo anak smk akuntansi mau masuk ke teknik multimedia dn jaringan gabisa yaaa(?)

oktavian mengatakan...

jurusan yang sepi peminat tapi berpeluang besar apa ya?
tolong minta infonya

Unknown mengatakan...

Kak ips bisa poltek desain grafik gaksih

Unknown mengatakan...

Ya allah mudahkan jalan hamba agar anak ips bisa ditrima politeknik ya allah aamiiin

FERDI TUTORIAL mengatakan...

kak saya mau nanya, kan saya anak ipa, nanti SBM saya ngambil soshum (Akuntansi), nah kalau ngelanjut kepoliteknik bisa nggak saya ngambil akutansi juga? atau harus sama jurusan waktu sma/(saintek)

Unknown mengatakan...

Jurusan IPA apakah bisa mengambil perbankan dan keuangan

Unknown mengatakan...

Apa benar anak IPS tidak bisa amsuk ke akademi perkeretaapian ?? Sedih deh liat persyaratan nya..
Harus anak IPA dan SMK dengan jurusan tertentu..
Padahal saya pengen banget jadi masinis wanita 🥺

Posting Komentar